Mengatasi masalah koneksi wifi pada iPad

Koneksi jaringan wifi merupakan salah satu cara untuk menghubungkan iPad dengan jaringan dan internet. Sayangnya, terkadang ada saja hambatan-hambatan dalam koneksi tersebut. Salah satunya adalah kemampuan iPad menjangkau sinyal router / access-point. Jangkauan radius wifi pada iPad lebih terbatas daripada kebanyakan wifi pada notebook. iPad memiliki jangkauan maksimum sekitar 65 kaki, sedangkan kebanyakan pada notebook bisa melebihi radius 100 kaki. Jadi jika anda mengalami masalah dengan lemahnya sinyal, semakin dekat iPad anda ke router mungkin akan membantu mengatasi masalah ini.

Jika koneksi Anda mengalami drop berulang kali, coba memperbaharui IP dinamis dari Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) dengan cara masuk ke bagian Network dari halaman Settings, klik pada Wi-Fi dan kemudian tekan panah biru kecil pada sisi kanan dari baris untuk jaringan yang ingin Anda gunakan, klik pada tombol Renew Lease untuk merefresh hubungan dengan router / access-point.


Jika hal diatas tidak membantu, cobalah gunakan alamat IP statis dan bukan DHCP. Buat alamat IP yang tidak digunakan oleh router. Misalkan alamat IP tersebut memiliki prefix 192.168.1.xxx (saya biasanya memilih nomor di atas rentang router untuk menghindari konflik dengan alamat IP DHCP). Di halaman Settings, klik pada Static dan masukkan alamat di kolom IP Address

Semoga membantu.